Tugas Keperawatan Jiwa

  1. ABREACTION

Ventilasi perasaan yang terjadi saat pasien secara verbal menceritakan kembali tentang hal yang membangkitkan emosi.

Contohnya : “Ceritakan kepada saya bagaimana perasaan Anda sejak kehilangan pekerjaan”


  1. KLARIFIKASI

Ketika perawat meminta pasien untuk mengekspresikan dengan lebih jelas tentang hubungan antara peristiwa tertentu dalam kehidupannya.

Contohnya : “Saya perhatikan bahwa setelah Anda berdebat dengan suami Anda menjadi sakit dan tidak dapat turun dari tempat tidur”


  1. SARAN / SUGESTI

Proses mempengaruhi individu sehingga mereka dapat menerima ide atau keyakinan, terutama keyakinan bahwa perawat dapat membuatnya merasa lebih baik.

Contohnya : “Keyakinan orang merasa bermanfaat untuk membicarakan hal ini dan saya pikir Anda juga akan demikian”


  1. MANIPULASI

Penggunaan emosi, keinginan atau nilai pasien untuk keuntungan mereka dalam proses teraupetik.

Contohnya : “Anda sangat membaktikan diri pada perkawinan Anda dan saya pikir Anda akan dapat mengatasi masalah ini serta mempunyai hubungan yang lebih erat lagi pada akhirnya”


  1. MENGUATKAN PERILAKU

Memberikan respon yang positif terhadap perilaku adaptif.

Contohnya : “Itu pertama kalinya Anda mampu bertahan dengan atasan Anda, dan hal itu terjadi dengan baik. Saya sangat senang Anda dapat melakukannya”


  1. MENDUKUNG PERTAHANAN

Mendorong penggunaan pertahanan yang menghasilkan kepuasan adaktif dan mengurangi pertahanan yang dapat menimbulkan kepuasan mal adaktif.

Contohnya : “Bersepeda pada saat Anda sangat marah tampak membantu, sejak Anda kembali dari sepeda Anda & Istri telah berhasil membicarakan masalah Anda”


  1. MENINGKATKAN HARGA DIRI

Membantu Pasien merasa berharga

Contohnya : “Ada orang yang sangat kuat telah mampu menangani keluarga Anda selama ini. Menurut saya Andapun dapat mengatasi situasi ini”


  1. EKSPLORASI SOLUSI

Menelaah alternatif cara tindakan yang mendukung penyelesaian masalah.

Contohnya : “Anda tampak mengenal banyak orang dibidang komputer tidak dapatkah Anda menghubungi mereka untuk mengetahui apakah ada pekerjaan untuk Anda”


By : nu_groz@ymail.com