Kedai Kopi Moonbuck

Moonbucks adalah sebuah kedai kopi yang laris di London.

John sudah 3 tahun hampir setiap hari minum kopi disana, kopinya enak, dan harganya murah. Capucino yang lezat hanya 1 pound sementara di tempat lain 2 pound. Dia sangat menyukai pemiliknya yang baik hati, dan diapun bersahabat dengannya.

Suatu hari, John ngobrol dan menanyakan rahasia suksesnya kedai itu.

Sang pemilik berkata: “ Sebenarnya ini rahasia ya, saya ceritakan ke anda karena anda sahabat saya. Saya memakai tenaga kerja ilegal dari Afrika. Dan karena beaya saya murah, saya bisa jual kopi dengan harga yang sangat murah pula. Saya Cuma untung sedikit sekali, tapi karena ramai, kita bisa bertahan dan untung juga.”

John menghirup capucino nya sambil menahan marah. Dia janji tidak akan minum disini lagi.

“Ada 9 pekerja Afrika yang memang tidak punya ijin kerja, daripada mereka akan jadi pengemis, gembel, atau penjahat. Saya beri tempat tinggal, makan dan sedikit uang. Sebenarnya pemerintah mungkin juga tahu, tapi daripada menjadi masalah, mereka tutup mata. Toh tidak ada yang dirugikan. Tapi saya tetap harus hati2 karena bisa saja saya ditangkap polisi, bagaimanapun ini salah secara hukum.”

“Orang2 ini tidak mungkin bisa dikembalikan ke Afrika, sudah terlalu lama disini, dan tidak pula bisa diterima sebagai warga negara karena alasan politik. Siapa yang mengurus mereka? Kasihan sekali.”

“Semua pekerja sangat berterimakasih, pelangganpun mendapat keuntungan dapat minum kopi dan makanan dengan harga murah, saya hanya dapat sedikit keuntungan saja, tapi berbahagia karena bisa membahagiakan orang banyak. ”

John terdiam tanpa berkata apapun, dia berjalan meninggalkan pemilik kedai dan berangkat kerja dengan berbagai pikiran yang membingungkannya.

Dikutip dari Tanadi Santoso