Latihan kreatifitas, pertanyaan dengan 20 jawaban

Ada sebuah cara mencari idea yang sering saya pakai dalam seminar kreatifitas. Saya berikan secarik kertas, dan sebuah pertanyaan, misalkan: Bagaimana caranya supaya kita dapat mengurangi beaya operasional perusahaan kita? Dalam waktu 20 menit, berikan 20 jawaban yang berbeda.

Nah, ini adalah cara sederhana mencari idea sebanyak mungkin, mungkin idea no 1 sd 5 sangat mudah, umum, dan biasa, sedangkan 6 sd 10 mulai terasa sulit, apalagi pada 11 sd 20, padahal ada keterbatasan waktu.

Kunci teknik pencarian idea ini adalah mencari sebanyak banyaknya idea, salah aneh tidak apa2, sebanyak banyaknya. Biasanya idea no 1 sd 10 cukup umum dan sudah dipikirkan dari dulu dulu, tetapi mungkin pada idea ke 17 adalah sebuah idea aneh yang bagus dan berguna. Dan idea ke 17 baru bisa keluar karena idea2 umum lainnya sudah terpakai dan kita dipaksa menghasilkan 20 dalam waktu yang singkat.

Pertanyaan apapun bisa dicoba: Bagaimana memanfaatkan facebook untuk bisnis kita? Bagaimana cara meningkatkan penjualan produk kita? Bagaimana cara merayu gadis cantik diseberang sana? Dan seterusnya. Idea ini memanfaatkan konsep pemaksaan yang akan memaksa kita memikirkan dengan serius dalam kurun waktu tertentu.
Dikutip dari Tanadi Santoso.
Selamat mencoba. Salam sukses untuk semua.