Teori Organ : Organ Ginjal


Ginjal, Organ Yin Air

Ginjal terletak di daerah pinggang, ada 2 buah di kiri kanan tulang belakang (lumbalis). Beberapa buku mengatakan Ginjal kanan berunsur Api (Ming Men) dan sebelah kiri berunsur Air, sebagian mengatakan ke 2 Ginjal berunsur Air sedangkan Ming Men berada di tengahnya.

Ginjal merupakan organ Zang yang menyimpan Jing Turunan / Chi Kongenital, menentukan pertumbuhan dan daya reproduksi, jika Ginjal sudah matang maka tanda-tanda kedewasaan tampak pada tubuh.

Dan ketika pertumbuhan telah sampai pada puncaknya akan terjadi penurunan, timbul kelayuan, gigi mulai tanggal, rambut memutih, tulang belulang mulai melemah, daya sexualitas mulai menurun artinya Ginjal menentukan daya sexualitas.
Bersama dengan daya trasportasi Limpa dan daya penyebaran serta penekanan ke bawah Paru-paru, Ginjal mengatur penyebaran dan pembuangan cairan tubuh. Cairan kotor ditampung dan dibuang oleh Kantung Kemih di bawah pengaruh Ginjal. Ginjal mempengaruhi tulang dan gigi, sumsum tulang dan otak sebagai lautan sumsum sehingga Ginjal menentukan kelincahan gerak dan mental (pikiran).
Ginjal berhubungan dengan luar melalui telinga dan dua lubang (dubur dan alat kelamin).
Penilaian Ginjal dapat dilihat dari dari rambut kepala, ketiak dan kemaluan. Takut merupakan emosi yang dipengaruhi dan mempengaruhi organ Ginjal dan rasa asin dibutuhkan untuk mengembangkan fungsinya .

Fungsi fisiologis :

  • Pembentuk dan penyimpan materi di dapat dan turunan
  • Mengatur keseimbangan cairan tubuh
  • Membentuk dan mengatur sumsum tulang, otak, tulang belulang, memelihara telinga, anus, alat kelamin dan rambut.

Gejala Patologis : Merupakan kumpulan gejala kelainan : daya ingat, kecerdasan, fungsi sexual dan kelainan fungsi Ginjal lainnya. Jenis kelainannya dapat berupa Yin Xi, Yang Xu, Jing Ginjal Xu, Qi Ginjal tidak kokoh.