MITRA HOMECARE BEKASI



APA ITU HOMECARE?

Home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit ( Depkes, 2002 ).
Homecare adalah perawatan pasien di rumah yang melibatkan anggota keluarga dalam proses perawatan dan penyembuhan pasien. Perawatan ini dibantu oleh tim kesehatan profesional (dokter, perawat atau fisiotherapist) yang bisa didatangkan ke rumah pasien sewaktu-waktu, jika diperlukan.
Rumah Sakit di kota besar biasanya mempunyai fasilitas homecare, artinya Rumah Sakit yang mempunyai pelayanan untuk menugaskan perawat atau tim kesehatan profesional-nya (dokter, perawat atau fisiotherapist) melakukan kunjungan perawatan ke rumah pasien. Umumnya pihak Rumah Sakit hanya menyediakan tenaga medis*) saja. sedangkan alat kesehatan yang dibutuhkan perawatan pasien seperti oksigen, kursi roda, nebulizer, suction pump harus disediakan oleh pasien.

MANFAAT PERAWATAN PASIEN DI RUMAH

  • Pasien lebih dekat dengan keluarganya sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman antara pasien dan keluarganya.
  • Melibatkan keluarga dalam perawatan pasien sehingga pasien tidak merasa diabaikan.
  • Meningkatkan kualitas hidup pasien.
  • Menghemat biaya, artinya keluarga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya (kamar) RS, transport pp rumah-RS untuk menemani pasien di RS.
  • Keluarga tidak kehilangan waktu dan tenaga untuk pergi-pulang ke rumah sakit.